Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA,
PKn dan Seni Rupa
Kelas/ Semester : V / 2
Materi Pembelajaran : Pencemaran Udara
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit ( 2X tatap
muka )
1. Kompetensi Dasar
Bhs. Indonesia : Menceritakan hasil pengamatan dengan bahasa
yang runtut,
baik, dan benar.
IPA : Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan
manusia
PKN
: Memberikan contoh peraturan perundang-undangan tentang
pencemaran udara
Seni Rupa : Membuat karya seni rupa dua dimensi yaitu menggambar.
2. Indikator
Bhs. Indonesia : Peserta
didik mampu melaporkan hasil pengamatan langsungnya dengan bahasa yang runtut, baik, dan benar,
secara lisan dan tulisan.
IPA : Peserta didik mampu menjelaskan penyebab terjadinya gangguan pada alat pernapasan manusia, seperti menghirup udara tercemar, merokok, dan infeksi oleh kuman
dengan alat peraga atau model.
PKn
: Peserta didik mampu menjelaskan perundangan
larangan merokok di tempat umum, dan
memberikan contoh tempat mana saja yang dilarang.
Seni Rupa : Peserta didik mampu membuat
gambar yang berisi pesan/ himbauan.
3. Tujuan Pembelajaran
Bhs. Indonesia : Peserta
didik mengetahui dan memahami cara menyajikan hasil pengamatan baik secara
lisan maupun tertulis.
IPA : Peserta didik
mengetahui proses bernapas, dan gangguan pernapasan pada manusia.
PKn
: Peserta didik memahami adanya larangan merokok di tempat umum dan
kerugian-kerugiannya.
Seni Rupa : Peserta didik dapat menyampaikan pesan lewat
gambar.
4. Materi
Pembelajaran
Bhs. Indonesia : Menceritakan
hasil pengamatan
IPA : Sistem pernapasan
manusia
PKn
: Peraturan pemerintah
Seni Rupa : Gambar poster
5. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama:
A.
Kegiatan
Awal (20’)
1.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucap salam dan berdoa
2.
Guru menanyakan kesiapan siswa mengikuti pembelajaran.
3.
Presensi kehadiran siswa.
4.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
5.
Guru
menjelaskan bahan yang diperlukan yaitu buku pelajaran,
alat tulis, gelas dan gambar sistem pernapasan dan penyakit-penyakit pada organ
pernapasan manusia
6.
Guru
memberikan apersepsi tentang peencemaran
udara
7.
Guru
memberikan persoalan berkaitan dengan pencemaran udara
8.
Guru
menanyakan kepada siswa bagaimana upaya
pencegahan
dan penganggulangan polusi udara.
B.
Kegiatan
Inti (35’)
1. Kegiatan Eksplorasi
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang undang-undang pemerintah tentang pencemaran udara akibat asap kendaraan dan asap rokok.
b. Siswa memperhatikan penjelasan guru sambil
membuka buku pelajaran
2.
Kegiatan
Elaborasi
a. Guru membagi siswa dalam 6 kelompok yang
terdiri atas 4-5 orang (heterogen)
b. Guru memimpin dan mengarahkan diskusi siswa tentang udara kotor
dan
udara bersih disertai pendapat dan pengalaman siswa
c. Siswa
melakukan diskusi mengenai organ-organ pernapasan manusia, proses bernapas dan
penyakit-penyakit pada organ pernapasan
d.
Siswa
wakil kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas
3. Kegiatan Konfirmasi
Siswa tiap
kelompok menyimpulkan hasil
diskusi dengan bantuan guru.
C.
Kegiatan Akhir (15’)
1.
Siswa
diminta untuk membuat peta konsep mengenai sistem pernapasan
manusia, penyakit-penyakit akibat pencemaran udara, serta peraturan pemerintah
mengenai pencemaran udara.
2.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan salam.
Pertemuan Kedua:
A.
Kegiatan
Awal (20’)
1.
Guru
membuka pelajaran dengan mengucap salam dan berdoa
2.
Guru menanyakan kesiapan siswa mengikuti pembelajaran.
3.
Presensi kehadiran siswa.
4.
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran.
5. Guru
menjelaskan bahan yang diperlukan yaitu buku pelajaran,
alat tulis, alat menggambar, rokok, gelas
6.
Guru
memberikan apersepsi tentang dampak
peencemaran udara
7. Guru
memberikan persoalan berkaitan dengan kondisi udara di lingkungan perkotaan.
8. Guru
menanyakan kepada siswa apa yang dapat dilakukan sebagai seorang siswa mengenai
permasalahan tersebut.
B.
Kegiatan
Inti (35’)
1. Kegiatan Eksplorasi
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bagaimana
cara melaporkan hasil pengamatan
b. Siswa memperhatikan penjelasan guru sambil
membuka buku pelajaran dan mencatat
2.
Kegiatan
Elaborasi
a. Guru membagi siswa dalam 6 kelompok yang
terdiri atas 4-5 orang (heterogen)
b. Guru memimpin dan mengarahkan siswa untuk mengamati rokok yang dibakar dan
ditutup dengan gelas (warna, bau, dan pergerakan asap di dalam gelas)
c. Siswa melakukan diskusi tentang hasil
pengamatan
d. Siswa
secara kelompok menyusun laporan tertulis, selanjutnya dipresentasikan di depan
kelas
e.
Siswa memprediksikan
kemungkinan-kemungkinan akibat asap rokok di dalam ruangan dan di area umum
f.
Siswa secara individu menyampaikan
pesan/ himbauan lewat sebuah gambar poster berkaitan dengan rokok
4. Kegiatan Konfirmasi
Siswa menyampaikan
pesan yang terkandung pada gambar yang telah mereka buat.
C.
Kegiatan Akhir (15’)
1.
Siswa
bersama guru melakukan refleksi mengenai manfaat apa saja yang mereka dapatkan
setelah belajar mengenai pencemaran udara.
2.
Guru
menutup kegiatan pembelajaran dengan berdoa dan salam.
6. Metode
Pembelajaran
a.
Ceramah
b.
Diskusi
c.
Pengamatan langsung
d.
Tanya jawab
e.
Penugasan
7. Alat/
Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku Bahasa Indonesia, IPA, PKN dan Seni
Rupa
b.
Alat tulis
c.
Alat menggambar
d.
Rokok
e.
Gelas
f.
Gambar/poster
8. Penilaian
Instrumen
Penilaian
1)
Tes
hasil belajar
Soal:
NO
|
SOAL
|
SKOR
|
1
|
Bagaimana cara
menyusun laporan hasil penelitian yang baik?
|
25
|
2
|
Sebutkan
dampak-dampak dari pencemaran udara?
|
25
|
3
|
Adakah
larangan untuk merokok? Jika ada di mana saja tempat-tempat yang dilarang?
|
25
|
4
|
Apakah poster
larangan rokok diperlukan? Mengapa?
|
25
|
TOTAL
|
100
|
2)
Angket
motivasi
NO
|
PERNYATAAN
|
JAWABAN
|
|||
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
||
1
|
Saya percaya pelajaran ini mudah
|
||||
2
|
Materi yang dipelajari menarik dan sesuai
harapan
|
||||
3
|
Saya merasa senang dengan kegiatan
pembelajaran ini
|
||||
4
|
Saya memahami dengan baik hubungan
materi ini dengan yang saya ketahui
|
||||
5
|
Saya merasakan manfaat dari apa yang
saya pelajari
|
||||
6
|
Saya dapat mempelajari dengan baik materi
ini
|
||||
7
|
Saya merasa mampu mengerjakan tugas
yang diberikan guru
|
||||
8
|
Saya merasa puas bisa mengerjakan
tugas
|
||||
9
|
Saya akan lebih giat belajar lagi
|
||||
10
|
saya akan lebih rajin masuk sekolah
|
Keterangan:
SS: Sangat
Setuju
S: Setuju
TS: Tidak Setuju
STS: Sangat Tidak Setuju
3)
Lembar
pengamatan aktivitas siswa
SISWSISWA
|
KEGIATAN
|
||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
|
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
|||||||||
7
|
|||||||||
8
|
|||||||||
9
|
|||||||||
10
|
|||||||||
dst
|
|||||||||
·
Kriteria aktif jika lebih dari 75%
melakukan kegiatan
Kegiatan:
A: bertanya
B: menjawab/ menanggapi
C: menulis
D: diskusi
E: presentasi
F: mengamati
G: mendengarkan dengan baik
H: mencoba/ melakukan
I: menggambar
4)
Portofolio
·
peta
konsep
·
laporan
hasil pengamatan
·
gambar
poster
Surakarta,
23 Juni 2014
Penyusun,
Singgih Subiyantoro
NIM. S811308035
0 komentar:
Posting Komentar